Cara Membuat Proxy Server di Windows XP server internet

Bagi pengguna Linux tingkat intermediate dan expert mungkin sudah biasa dengan software squid untuk men-sharing koneksi internet, walau bukan tidak mungkin juga squid digunakan dalam operating system windows. Sesuai dengan judul nya, kita akan membuat sebuah proxy server berbasis http di Operating System berbasis Windows XP untuk para nubie dengan menggunakan software Privoxy. Privoxy adalah sebuah tools gratis untuk membuat proxy server di Windows yang sebetulnya sangat powerfull jika kita dapat melakukan konfigurasi pada seluruh file konfigurasi dan pendukungnya.

Dalam bahasan kali ini kita hanya akan melakukan konfigurasi sederhana dalam privoxy untuk dapat melakukan/memberikan share koneksi internet kita melalui Windows XP ke komputer lainnya dalam suatu jaringan. Tutorial ini bisa dipergunakan untuk kalangan pribadi atau umum (tidak disarankan). Saya rasa sudah cukup prolognya dan sekarang kita akan memulai praktek pembuatan proxy server di windows xp dengan menggunakan Privoxy.

Persiapan yang diperlukan :

1. Komputer OS Windows XP (server) terhubung dengan internet.

2. Komputer Client (untuk uji coba boleh Windows atau operating system lainnya).

3. Kabel LAN dan/atau Switch/hub (penghubung 2 komputer tersebut).

4. Software Privoxy bisa diunduh di >> https://sourceforge.net/projects/ijbswa/files/

5. Kopi plus rokok😀

6. Doa dan keberanian serta semangat untuk belajar (OOT😀 ).

Ok kita mulai saja prakteknya, saya anggap persiapan nomor 1 sampai 4 sudah tersedia semua. Selanjutnya kita bisa lakukan penginstalan software privoxy yang telah didownload tadi dengan mengikuti tahapan selayaknya penginstalan software lainnya (next – next sampe finish😀 ).

Setelah selesai penginstalan Privoxy di komputer Windows XP tadi, perlu kita aktifkan dulu fasilitas IP Forwarding yang tersembunyi di Windows XP tadi, caranya Start – Run – regedit, lalu :

1. Cari key:

HKEY_LOCAL_MACHINESYSTEMCurrentControlSetServicesTcpipParameters

2. Buat sebuah key atau rubah valuenya jika sudah ada:

Value Name: IPEnableRouter

Value type: REG_DWORD

Value Data: 1

3. Keluar dari registry editor.

Selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi/setting di privoxy, tapi sebelum itu dalam praktek ini saya menggunakan beberapa settingan IP di komputer saya:

IP LAN Server : 10.24.0.24/24

IP LAN client : 10.24.0.25/24

Untuk koneksi internet di komputer server saya menggunakan modem 3G dan dianggap sudah tersambung alias online. Next, buka software Privoxy anda yang nantinya akan ada tampilan seperti dibawah ini :

Selanjutnya kita akan merubah konfigurasi/setting dari privoxy tersebut secara sederhana melalui menu Options – Edit Main Configuration, akan terbuka sebuah jendela notepad berjudul config.txt

File config asli tersebut sebaiknya kita simpan dengan nama lain agar dilain waktu dapat kita pelajari kembali lebih jauh sehingga membuat privoxy kita lebh powerfull, di screen shoot diatas saya simpan dengan menggunakan nama config1.txt. Selanjutnya close dulu file config asli tadi yang telah kita ganti nama. Kemudian kita buka lagi config privoxy melalui cara sebelumnya lalu kita delete seluruh isinya. Lho koq seluruhnya ??? pasti banyak yang bertanya hal demikian, ini dikarenakan kita akan membuat sebuah config sederhana dengan menggunakan beberapa config dasar sehingga dapat dijadikan sebuah proxy server sederhana😉

Dalam jendela config yang kosong tadi kita isikan beberapa baris kode sebagai berikut :

user-manual /Program Files/Privoxy/doc/user-manual

admin-address [email anda]

confdir .

logdir .

debug 1 #menampilkan seluruh log ke server

logfile privoxy.log #memberikan nama file log

log-messages 1 #seluruh koneksi akan di catat di file log server

listen-address 10.24.0.24:9192 #ip server dan port yang akan listen (diset di client).

permit-access 10.24.0.0/24 #ip network yang diijinkan menggunakan server proxy ini

toggle 0

enable-remote-toggle 0

enable-remote-http-toggle 0

enable-edit-actions 0

enforce-blocks 1

buffer-limit 4096

forwarded-connect-retries 20

accept-intercepted-requests 1

allow-cgi-request-crunching 0

split-large-forms 0

keep-alive-timeout 300

socket-timeout 300

activity-animation 1

log-max-lines 2000

log-highlight-messages 1

log-font-name Comic Sans MS

log-font-size 10

Setelah itu kita save dan tutup jendela config tadi, kemudian kita kembali ke jendela privoxy dan klik menu Option – enable untuk menjalankan configurasi yang telah kita tuliskan tadi.

Sebagai langkah terakhir kita test di komputer client (dalam hal ini saya menggunakan komputer dengan Operating System Linux Ubuntu Muslim Edition) dengan menambahkan proxy sesuai dengan yang dituliskan di config privoxy komputer server tadi (10.24.0.24:9192) dan alhasil komputer client linux tersebut bisa berselancar ke dunia maya dengan menggunakan koneksi server proxy di windows.

Nah, akhirnya kita selesai juga membuat sebuah proxy server sederhana di operating system Windows XP. Untuk Pengembangan selanjutnya nantikan artikel saya yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: