Pembangunan rel kereta api Bandara Soekarno Hatta

KRL Manggarai-Bandara Soekarno Hatta 70 Menit

Pembangunan jalur kereta bandara diharapkan dapat menyelesaikan masalah transportasi.


VIVAnews
– Rencana pembangunan rel kereta api Bandara Soekarno Hatta-Manggarai, Jakarta, mulai dilakukan. Saat ini PT Kereta Api sedang membuat detail design dan studi kelayakan proyek itu.

VP Public Relations PT Kereta Api, Sugeng Priyono, mengatakan jika studi kelayakan hasilnya disetujui maka pembangunan dapat dimulai tahun ini. “Dengan demikian diharapkan pada akhir 2013 rampung, dan bisa dioperasikan di awal 2014,” kata Sugeng kepada VIVAnews, Senin 14 Mei 2012.

Dia mengungkapkan jalur kereta bandara memilik panjang rute 45 Km dan akan beroperasi antara lain melalui Stasiun Manggarai, Sudirman, Tanah Abang, Angke, Pluit, dan Bandara Internasional Soekarno Hatta serta Tanah Tinggi, Kota Tangerang. “Waktu tempuh diperkirakan 70 menit,” dia menambahkan.

Sugeng berharap pembangunan jalur kereta Manggarai-Bandara Internasional Soekarno Hatta dapat menyelesaikan masalah
transportasi di DKI Jakarta dan Tangerang. “Artinya kalau denga kereta, estimasi waktu akan lebih cepat dari pada jalan raya,” ujarnya.

Pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II saat ini tengah bersiap menggelar tender untuk membangun stasiun komuter di tengah gedung Terminal I dan Terminal II, atau integrated building yang juga dilengkapi dengan pusat perbelanjaan.

“Juli atau Agustus tahun ini tendernya akan dibuka, kami sudah mempersiapkan rencana pembangunannya,” kata Direktur Operasional PT Angkasa Pura II, Salahudin Rafi.

Dia menilai jalur komuter ke bandara sebagai solusi karena peningkatan kendaraan dalam tiga tahun mendatang diperkirakan akan melampaui kapasitas jalan tol dan berdampak serius terhadap aksesibilitas ke bandara.

“Kapasitas bandara sejak 1977 dipersiapkan hanya akan dapat menampung 22 juta penumpang pertahun. Sedangkan pada 2011 ini, penumpang Bandara Soekarno Hatta telah mencapai 51 juta penumpang per tahun. Sudah hampir menyamai Bandara Suvarnabhumi dan Changi,” ucapnya.
Sumber:http://metro.vivanews.com/news/read/313514-krl-manggari-bandara-soekarno-hatta-70-menit

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: