Masalahan Kerontokan rambut Pada Wanita

70% Wanita Indonesia Mengalami Kerontokan Rambut
Jakarta – Wanita Indonesia mengalami beragam permasalahan kulit dan rambut yang membuat mereka jadi tidak percaya diri. Faktanya, 70 persen wanita memiliki masalah rambut rontok dan 49 persennya kering.

Sementara untuk kulit tubuh, 1 dari 2 perempuan Indonesia merasa bahwa masalah yang paling banyak dialami adalah kondisi kulit kering. Fakta ini dibuktikan melalui hasil survei yang dilakukan Dove kepada 1.244 perempuan Indonesia di 10 kota di Indonesia.

“Gaya hidup yang kurang sehat, pengaruh bahan kimia dan panas dapat menimbulkan berbagai macam permasalahan mulai dari rambut, kulit wajah, kulit tubuh, bahkan kulit ketiak. Terlebih lagi kulit adalah bagian terluas dari tubuh kita dan yang melindungi seluruh organ tubuh. Dan dengan perawatan yang tepat akan membantu perempuan lebih percaya diri dan lebih terlihat kecantikan dari dalam dirinya,” jelas Dokter Speasialis kulit, dr. Abraham Arimuko SpKk, yang ditemui pada acara Dove Beauty Residence di Ciputra Artpreneur Center, Jakarta, Kamis (14/06/2012).

Untuk mengatasi masalah rambut, Anda perlu mengetahui lebih dulu bagaimana kondisi rambut Anda sebenarnya. Untuk kondisi rambut kering, disebabkan karena kurangnya jenis lemak yang biasa hadir di bagian dasar cortex dan kultikula. Rambut kering ditandai dengan kondisi yang kusut, kaku, susah diatur, dan tidak berkilau.

Sedangkan untuk kondisi rambut yang rusak, kultikula dan penyambung antara protein keratin merusak dan melemahkan serat rambut sehingga menghasilkan rambut yang bercabang, rontok, dan patah pada ujungnya. “Faktor yang menyebabkan rusaknya rambut ini bisa disebabkan karena lingkungan, panas dari alat pengering rambut, bahan kimia, dan perilaku sehar-hari seperti mengeringkan rambut yang terlalu kasar,” ujar dokter Abraham.

Untuk mangatasinya, dr Abraham menyarankan untuk menggunakan shampo yang dapat menutrisi sampai setiap helai rambut. Tidak lupa juga menggunakan kondisioner serta perawatan rambut atau vitamin yang sesuai. Selain itu, jangan menggosok dan mengeringkan rambut dengan handuk terlalu keras agar kesehatan alami rambut tetap terjaga.

Sementara untuk perawatan kulit tubuh, dokter Abraham menyarankan tidak mandi terlalu lama. Air dan sabun akan menghilangkan kelembaban alami kulit. “Kalau mandi dengan air hangat, sebaiknya jangan terlalu panas karena akan membuat kulit menjadi kering. Selain itu, pakailah produk sabun yang mengandung pelembab alami dan dapat membersihkan tanpa menghilangkan kelembaban alami kulit,” tambahnya.

Dokter yang berprakter di Senopati Skin Center itu juga menyarankan untuk menggunakan produk body lotion atau body butter setiap habis mandi dengan kandungan SPF. SPF sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit dari efek buruk lingkungan seperti paparan sinar matahari dan polusi.
Sumber:http://wolipop.detik.com/read/2012/06/15/165048/1942435/234/70-wanita-indonesia-mengalami-kerontokan-rambut?d992201287

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: